Subscribe to RSS feed

Kamis, 03 Juni 2010

BUDAYA INDONESIA YANG DIKLAIM

Budaya Indonesia merupakan kekayaan yang dimiliki oleh bangsanya. Ini merupakan suatu simbol bahwa kehidupan bangsa Indonesia pada zaman sebelumnya mengalami gejolak yang luar biasa atas kekayaan budayanya sehingga melahirkan budaya yang dijunjung masyarakatnya sampai saat ini. Karena Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan terdiri dari beribu pulau. Begitupu dengan keragaman suku dan adat istiadatnya. Latar belakang inilah yang melahirkan keragaman budaya yang luar biasa di Indonesia.

Ada banyak sekali budaya yang ada di Indonesia antara lain mulai dari seni tari, seni pahat, artefak-artefak peninggalan kebudayaan lampau, motif kain, ornamen-ornamen, alat musik, cerita rakyat, musik dan lagu, makanan dan minuman, seni pertunjukan, produk arsitektur, dan lain sebagainya. Kesemua ini adalah sebuah kekayaan yang luar biasa yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa ke Negara Indonesia.

Inovasi Sebagai Pembuktian

Pada saat ini kita hidup di zaman yang kesemua kreativitas sudah tergolong sangat beragam dan tidak menutup kemungkinan bahwa pengklaiman dapat terjadi dimana-mana. Termasuk pengklaiman atas kekayaan kebudayaan pada suatu negara. Dewasa ini kita mendengar dan melihat berita tentang pengklaiman budaya Indonesia yang dilakukan oleh Malaysia. Bagaimana hal ini bisa terjadi. Malaysia yang notabene terkenal dengan negara yang lebih maju daripada negara kita dengan mudah mengklaim budaya kita sebagai milik mereka.

Bahkan tarian terkenal asli Pulau Dewata, Tari Pendet telah diklaim oleh Pemerintah Malaysia. Terhenyak otomatis Lembaga Kebudayaan setempat langsung ambil reaksi. Tidak terima dengan pengklaiman yang dinilai tidak pantas tersebut. Tidak hanya tarian, motif kain terkenal yaitu Batik Jawa pun telah diklaim oleh Adidas, merek produk olahraga terkenal asal Jerman tersebut. Tak lupa pula kita ingat lagu Rasa Sayange yang berasal dari Maluku pun telah diklaim oleh Pemerintah Malaysia.

Saat ini, kita hidup di era globalisasi yang sarat atas persaingan yang tinggi. Inovasi adalah hal yang penting dalam pertumbuhan ekonomi. Semakin banyak inovasi yang dibuat, semakin berkembang kreativitas kita. Sehingga tidak selayaknya negara lain mengklaim segala inovasi yang kita buat menjadi milik mereka. Tingginya tingkat persaingan mengakibatkan ekonomi global harus terus bergerak mencari. Persaingan ini membuat terjadinya pergeseran dari “inovasi berbasis teknologi” menjadi “inovasi berbasis kreativitas”.

Artefak-artefak tradisional, yang pada awalnya dianggap tidak bernilai ekonomi tinggi, menjadi sangat berharga. Hal inilah yang melatarbelakangi pencurian, pematenan dan klaim Negara atau oknum Warga Negara Lain terhadap artefak budaya Indonesia. Beberapa artefak budaya Indonesia kemungkinan telah dicuri, dipatenkan atau diklaim oleh negara lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar