Subscribe to RSS feed

Senin, 12 April 2010

Candi di UII Cukup Unik

Sleman, Situs candi yang ditemukan di Kampus Terpadi Universitas Islam Indonesia ( UII ) bisa dikatakan merupan temuan temuan terunik dari temuan - temuan yang sebelumnya dan berbeda dengan temuan yang pernah ada. Kalau temuan sementara menyimpulkan sebagai candi pemuja Syiwa< selain Ganesha dan LIngga Yoni mestinya juga ada arca Durga dan Agastya.
" Tapi sampai saat ini belum tampak keduanya, atau mungkin karena belum selesai eskavasinya," tandas arkeolog Universitas Gadjah Mada ( UGM ) Prof.Dr. Sumiati AS di Kampus UII Sabtu ( 10/04 ).
Menurutnya , dengan adanya kenyataan hanya ada dua arca yaitu Syiwa ( Lingga Yoni ) dan Ganesha bisa juga dimungkinkan sebelumnya ditempatkan sebagai penjaga atau tolak bala di aliran sungai. Keunikan lain, temuan bangunan wahana atau perwara.
Sementara arkeolog Balai Pelestarian Purbakala ( BP 3 ) Yogyakarta Budhy Sancoyo juga mengakui adanya keunikan baik pada candi utama maupun pada bangunan candi perwaranya. namun yang ditemuakan panjangnya sama seperti candi utama yaitu 6 meter, sebut Budhy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar