Subscribe to RSS feed

Selasa, 18 Mei 2010

Menjadi Penonton Film Berkualitas

Masyarakat Indonesia saat ini telah menjadi penikmat karya audio visual. Film merupakan salah satu karya audio visual yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini sepertinya direspons dengan baik oleh industri perfilman Indonesia yang semakin produktif dalam menghasilkan karya – karya film.

Namun, ditengah membanjirnya produksi film tiap tahunnya, kualitas film saat ini masih belum terlalu membanggakan. Beberapa film memang telah memiliki kualitas, namun jumlahnya hanya segelintir saja. Berbanding terbalik dengan jumlah film kurang berkualitas yang kebanyakan bergenre horror dan komedi dewasa.

 Bahkan, saat ini tengah terjadi keseragaman pilihan genre film yang membanjiri bioskop – bioskop di tanah air. Genre horror dan komedi dewasa menjadi mayoritas cerita film – film nasional.

Kondisi ini bisa diibaratkan sebagai bentuk dari minimnya kreativitas dari seluruh stakeholder dunia perfilman untuk menggali ide cerita. Ide cerita yang makin seragam ini jika dibiarkan akan makin mendorong perfilman Indonesia untuk melangkah mundur. Hal ini sangat memprihatinkan apalagi jika membandingkan perfilman Indonesia dengan Hollywood atau Bollywood yang sudah jauh lebih baik.

Kini seluruh pihak harus bersama – sama mendukung bangkitnya perfilman Indonesia yang berkualitas salah satunya dengan menjadi penonton yang berkualitas. Penonton yang berkualitas akan memilih film – film yang berkualitas. Dengan begitu, produksi film akan makin bergerak ke arah kualitas. Sehingga film Indonesia akan makin bermutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar